Blog tentang berbagai tempat - tempat wisata yang unik, menarik, terkenal dan layak untuk dibicarakan

Wednesday 18 November 2015

Menikmati Snorkelling di Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah

Snorkelling Di Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah kolam alami yang dikelola menjadi tempat wisata tirta yang terkenal di klaten. Ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok, dasar kolam yang indah dan juga air yang jernih membuat tempat ini sangat cocok untuk sekedar berenang, snorkelling ataupun menjadi tempat latihan diving.
Melakukan snorkelling merupakan kegiatan yang menyenangkan dan memiliki efek relaksasi. Untuk melakukan kegiatan ini kita harus mencari air laut yang tenang, ikan - ikan yang berwarna - warni dan juga tentunya terumbu karang yang menawan. Oleh karena itu aktivitas ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan terbatas, sebab tidak semua laut bisa dijadikan tempat snorkelling.

Namun, anda tenang saja. Bagi anda yang tidak mempunyai kesempatan untuk ber-snorkelling tak usah kawatir. Tidak perlu bingung mencari taman-taman laut untuk snorkelling, karena kini di Klaten terdapat tempat snorkelling yang indah dan asyik tentunya. Anda tak perlu takut terbawa ombak, anda tak perlu takut ada hiu, anda tak perlu takut ada paus, sebab tempat ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang sangat segar dan sangat jernih, tempat ini adalah UMBUL PONGGOK. Ukuran kolam ini adalah 75 x 40 meter dengan kedalaman 1,5 - 2,6 meter, tempat ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkelling. Kolam ini sudah ada sejak zaman Belanda.







Snorkelling

Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa dataran hamparan pasir yang luas dan bebatuan - bebatuan yang membuat Umbul Ponggok Semakin Indah ada juga ikan - ikan warna - warni sehingga menambah keindahan Umbul Ponggok. Ketika kita snorkelling di Umbul Ponggok, Kita serasa ada di laut sebenarnya karena keadaan dalam air yang begitu menawan.
Meskipun banyak ikan, Umbul Ponggok tidak akan amis karena air di Umbul Ponggok mengalir terus.

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga sering dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar - benar menyelam di laut.
Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang dan tidak ingin melakukan snorkelling, kalian bisa menaiki perahu kayuh dan mengelilingi Umbul Ponggok. Untuk anak - anak juga disediakan kolam berukuran pendek untuk berenang ataupun hanya sekedar bermain air.

Harga Tiket Umbul Ponggok dan Faslitasnya

Untuk dapat masuk Tempat Wisata Umbul Ponggok, Wisatawan wajib membayar biaya restribusi sebesar Rp. 5.000 per orang. Bagi  wisatawan yang ingin snorkelling, namun tidak membawa peralatan snorkelling, jangan risau. Umbul Ponggok juga menyediakan peralatan untuk snorkelling. Berikut daftar harga sewa peralatannya :
1. Kaki Katak Rp. 5.000
2. Snorkel Rp. 10.000
3. Pelampung Rp. 5.000
4. Ban Rp. 5.000
Anda juga dapat melakukan sesi pemotretan di dalam air. Jika anda tidak membawa ataupun tidak mempunyai kamera Underwater, tenang saja. Umbul Ponggok juga menyediakan jasa sewa kamera Underwater dengan harga Rp. 60.000 untuk 30 menit pemakaian dan Rp. 100.000 untuk 1 jam pemakaian. Jika ingin pemotretan yang lebih berkonsep, disini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga yang relatif murah.

Tips Melakukan Pemotretan di Umbul Ponggok

Jika anda ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, anda bisa datang ke tempat ini pada pagi hari ataupun sore hari. Disarankan datang pada hari senin - jumat pukul 07.00 - 09.00 WIB pagi hari dan pada sore hari anda bisa datang pukul 14.00-16.00 WIB. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, anda disarankan datang pada pukul 07.00 - 09.00 WIB. Pemotretan pada pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus, karena air lebih jernih dan sinar matahari masih berada disamping bukan tepat diatas kepala kita. Selain itu, jika kita melakukan pemotretan pada siang hari, pengunjung lebih banyak sehingga kita sulit untuk mencari tempat-tempat atau spot-spot terbaik untuk pemotretan.

Oke Selamat Berlibur....!!









Share:

0 comments:

Post a Comment

SEMOGA BERMANFAAT..!!

Powered by Blogger.